Launching Buku The Green Traveler-Catatan Perjalanan Ekowisata Keliling Indonesia

Bertempat di Toko Buku Kinokuniya, Sogo Lantai 5, Plaza Senayan, Jakarta Rabu 30 Nopember 2011 jam 14.00 – 16.00 WIB, peluncuran buku “The Green Traveler-Catatan Perjalanan Ekowisata Keliling Indonesia” pun digelar.

Quote dari Carlo Goldoni, A Traveler never despises his own country, menjadi pengantar dua konsep besar buku ini, yaitu semangat mengunjungi destinasi unik di negeri sendiri dengan membawa semangat pelestarian alam dan budaya serta memberikan manfaat bagi masyarakat pada destinasi yang dikunjungi, sekecil apapun itu. Buku ini juga menyemangati para traveler untuk tidak hanya sekedar jalan-jalan liburan, tapi mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih dari itu.
Saya sendiri merasa senang akhirnya bisa melakukan peluncuran buku ini. Dua buku saya terdahulu (terbit tahun 2008 dan 2011) tentang promosi destinasi Indonesia timur yang saya tulis dengan 3 penulis asal Perancis dan Belanda, tidak bisa saya hadiri peluncurannya karena dilakukan di Paris, Perancis. Buku-buku tersebut pun dijual di Perancis.
Setelah diyakinkan oleh Adinto Fajar, editor saya untuk melakukan launching, dan difasilitasi oleh team marketing Gramedia, Mbak Ninin dan Dini, akhirnya  Peluncuran buku tersebut diselenggarakan.
Peluncuran ini dilaksanakan atas kerjasama Penerbit Grasindo dengan Toko Buku Kinokuniya Plaza Senayan, didukung oleh Panorama – Travel & Leisure Magazine, Reforest Program dari Bank Panin Bogor,  Hotel Salak the Heritage Bogor, serta Lancang Kuning Catering.
Waktu yang bertepatan dengan jam kerja, dan pertandingan bola di Senayan yang membuat macet jalanan tidak mengurungkan niat teman-teman saya untuk menghadiri peluncuran ini. Saya benar-benar terharu karena kursi terisi penuh silih berganti selain oleh teman-teman, juga hadirin lain dan media. Teman-teman dari DESMA Center, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, UNESCO Jakarta, teman-teman Perancis dari Educoach International, staf pendidik dari Universitas Indonesia Depok, para travel blogger, traveler, fotografer, komunitas ekowisata, serta media membuat suasana menjadi hangat dan akrab.

Mario Membuka acara Peluncuran buku

Peluncuran buku dibuka oleh moderator, Mario, dan lagu yang dibawakan oleh James Cornelius Roos, teman saya yang juga penyanyi festival diiringi gitar akustik. Setelah itu penyerahan mock-up buku “The Green Traveler-Catatan Perjalanan Ekowisata Keliling Indonesia” oleh Bapak Thomas Athanasius, Vice Director dari Gramedia kepada saya, diiringi dengan kata sambutan dari Bapak Thomas.

Nyanyian dari James Cornelius Roos
Penyerahan Mock up Buku oleh Bapak Thomas Athanasius

Acara dengan format talk show ini dipandu oleh Mario yang membawakan acara dengan santai tanpa menghilangkan substansi dari isi buku. Becandaannya cukup mencairkan suasana. Sesi diskusi diisi dengan tanya jawab, penjelasan tentang buku, menampilkan slide gambar-gambar dari destinasi wisata di Indonesia yang disebutkan dalam buku. Selain itu acara juga diisi dengan pemberian doorprize dari Gramedia bagi lima orang yang bisa menjawab pertanyaan moderator.
Dua teman saya, Ghita dari Bina Swadaya Tour dan Aran dari UNESCO Jakarta memberikan testimoni mengenai buku ini, yang membuka mata saya dan  memberikan perspektif  berbeda dari yang saya kira selama ini. Ternyata lagi, Ghita malah memberikan oleh-oleh Bakpao isi blueberry yang luar biasa nikmat. Terima kasih Ghita !.

Testimoni dari Ghita dan Aran

Lalu acara dilanjutkan dengan penjelasan dari perwakilan Panin Bank Bogor – Reforest Program tentang bibit trembesi yang dibagikan kepada seluruh peserta peluncuran buku, serta pemberian doorprize 2 voucher menginap di Hotel Ciputra Semarang dan voucher menginap di Hotel Salak the Heritage Bogor. Selamat untuk para pemenang !

Penjelasan tentang bibit trembesi yang dibagikan kepada peserta
Bibit trembesi dan buku panduan dari Bank Panin Bogor
Pemenang voucher hotel dari Panorama Magazine
Pemenang Voucher hotel dati Hotel Salak the Heritage Bogor
Komentar dari staf Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Komentar dari staf pendidik Universitas Indonesia
Julie mempromosikan Destinasi di Indonesia
Sesi games yang dijawab oleh Vira, salah satu travel blogger
Penyerahan doorprize oleh Bapak Thomas Athanasius
Sesi Book Signing
Dengan Ghita seusai acara
Dengan James Cornelius Roos seusai acara

Acara diakhiri dengan book signing, yang diiringi dengan hiburan lagu dari James Coornelius Roos. Terima kasih untuk semua teman-teman yang hadir, para sponsor, dan seluruh pendukung acara ini. Pastinya untuk team Penerbit Grasindo Pak Ario Bimo dan Mas Adinto Fajar, serta team dari Pak Thomas Athanasius, Mbak Ninin, dan Dini ! Tak ada gading yang tak retak, mohon maaf kepada semua pihak jika ada kekurangan disana sini. Terima kasih dan sampai jumpa pada event Green Traveler selanjutnya !
Liputan Launching Buku Green Traveler klik di Detik Travel, PreventionIndonesia, dan Majalah Jalan-jalan.

Share your thoughts