5 Alasan Mengunjungi Taman Nasional Tahun Ini

Sudah merencanakan akan kemana tahun ini? Kenapa tak mengunjungi taman nasional?
Saya sering ngobrol dengan beberapa teman, beberapa kadang tak sadar bahwa destinasi yang mereka kunjungi adalah kawasan konservasi, diantaranya adalah taman nasional. Itu tak hanya di Indonesia, tapi juga teman-teman dari negara lain. Ya, tergantung sih, memang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut atau tidak. Jangankan wisatawan, terkadang masyarakat yang menetap di sekitar kawasan taman nasional juga tidak mengerti hakikat kawasan itu, sebagian lain memang pura-pura tak mengerti biar punya alasan untuk memanfaatkan kawasan secara tak bertanggung jawab.
Hingga saat ini, Indonesia punya 50 taman nasional, terdiri dari 43 taman nasional daratan, dan 7 taman nasional laut dengan total luas wilayah……. ± 16,38 JUTA hektar! atau setara dengan ± 235 X luas wilayah Singapura! Luas banget kaaann?
Apa itu taman nasional? Menurut UU No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, definisi Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.
Lalu, kenapa harus mengunjungi taman nasional? karena:
1. Unik

Taman nasional adalah kawasan yang kompleks dan unik, keunikan baik bentang alam dan satwa. Bayangkan, satu kawasan memiliki beberapa fungsi seperti pelestarian, pariwisata, pendidikan, dan ekonomi.  Kalau tidak unik, tidak bisa menjadi taman nasional.  Melihatnya secara langsung sekarang juga akan membuat kita mengerti kenapa kawasan  ini harus dilindungi dan dijaga.
2. Penyegaran tubuh, mata, pernafasan, dan otak

Lakukan hal-hal menarik yang dekat dengan alam. Piknik, bersepeda, berjalan di dalam hutan, naik gunung, melihat satwa yang hidup di dalam kawasan, camping, motret, berenang, snorkeling, menyelam–terutama buat yang tinggal di kota, hidup dengan polusi dan malas olahraga. Di taman nasional bisa berkeringat, mata segar lihat pohon-pohon hijau, atau laut biru. Fresh!
3. Memberi alternatif ekonomi buat masyarakat setempat

Taman nasional dikeliling oleh kawasan penyangga, di mana masyarakat berbagai suku, pendatang maupun penduduk setempat menetap. Sebagian besar masih tradisional, menggantungkan diri pada alam seperti hutan dan laut sebagai mata pencarian. Karena kebutuhan, yang tadinya hanya sebagai mata pencaharian bisa bergeser menjadi mengambil secara berlebihan, bahkan merusak dengan alasan ekonomi. Mengunjungi kawasan taman nasional, akan memberikan mata pencaharian alternatif, atau bisa jadi utama untuk masyarakat yang menetap di kawasan ini. Sehingga akan ada proses pergeseran dimana mereka tidak berpikir (lagi) untuk merusak alam di sekitar mereka. Mereka bisa memiliki usaha mulai dari pemandu, transportasi, penginapan, usaha makan minum, dan lainnya.
4. Beli satu dapat satu = alam+budaya

Masyarakat yang tinggal di sekitar taman nasional, biasanya punya kebudayaan yang kaya,  bukan sebagai komoditi atau pertunjukan hiburan, tapi memang menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Temukan bonus melihat alam+budaya ini. Bisa jadi ada upacara yang sedang berlangsung, atau pertunjukan adat ketika sedang mengunjungi suatu wilayah taman nasional.
5. Tambah pengalaman dan pengetahuan

Perjalanan mengunjungi taman nasional, akan selalu memberi pengayaan pengalaman atau pengetahuan baru. Perspektif baru tentang alam dan kebudayaan masyarakat yang kita kunjungi. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari, tidak pernah melihat lutung, berbagai jenis burung, aneka pohon atau jenis tanaman. Ketika menjelajah hutan kita bisa menemukan hal-hal tersebut, atau melihat jenis ikan tertentu ketika snorkeling atau menyelam. Bahkan sesederhana mengetahui kebiasaan minum teh atau kopi masyarakat setempat. Apresiasi terhadap alam dan budaya akan bertambah ketika kita memahami destinasi yang kita kunjungi.
Tunggu apa lagi? Pack your bag and go!

2 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

andryberliantoreply
February 4, 2013 at 12:03 pm

then I will say .. Let’s Ride and Go 🙂

Wiwikreply
February 4, 2013 at 12:09 pm
– In reply to: andryberlianto

Foto yang banyak ya:).

Leave a reply